Makanan yang Bagus untuk Meningkatkan Kesuburan

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ

Faktor ketidaksuburan sebuah pasangan suami isteri tentulah banyak penyebabnya, yang menjadi penyebab dominan adalah faktor genetik dan salah satu faktor lainnya yang juga tak kalah penting adalah pola makan. Standard American Diet (SAD) menyatakan bahwa infertilitas terjadi sebanyak 30% akibat pola makan yang tidak sehat, pola makan tinggi lemak, tinggi gula namun rendah asupan nutrisi lain.
Jadi, jika anda merencanakan ingin segera mendapatkan kehamilan, sebaiknya periksakan terlebih dulu mengenai kondisi tingkat kesuburan anda dan pasangan ke dokter dan jika dianggap tidak ada permasalah yang serius, cobalah beberapa konsumsi makanan di bawah ini yang dapat dipertimbangkan guna meningkatkan tingkat kesuburan anda :

Konsumsi Sayur dan Buah buahan Organik

Hal yang perlu diperhatikan adalah, usahakan untuk mengkonsumsi sayur dan buah buahan organik,dan juga hindari makanan dalam kemasan, sehingga terhindar dari zat kimia pembasmi serangga dan juga bahan pengawet:

Konsumsi Produk Susu
 
Perbanyaklah konsumsi produk susu, baik susu itu sendiri, yogurt ataupun keju. Produk susu merupakan sumber protein tinggi yang bisa meningkatkan kesuburan. Jika anda alergi terhadapa susu sapi, bisa digantikan dengan susu kedelai yang sama mengandung protein tinggi.

Konsumsi Kacang Hijau dan kecambah 

Kacang hijau banyak mengandung vitamin E yang dapat membantu anda meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Vitamin E merupakan antioksida yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas, juga dapat melindungi sel-sel telur anda dari kerusakan akibat serangan radikal bebas tersebut.Kecambah juga mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu nutrisi untuk mengatur hormon reproduksi.
Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki sifat dicerna lebih lambat di dalam tubuh, yang membantu meningkatkan ovulasi. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega-3, asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada peningkatan hormon serta meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur.

Minumlah Teh
 
Teh dapat digunakan sebagai ganti oksidan dan juga sebagai zat yang dapat mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh. Perlu diketahui oksidasi dapat merusak sel-sel di dalam tubuh, dan teh diharapkan dapat menjadi penangkal kerusakan sel-sel tersebut.

Konsumsi Alpukat
 
Alpukat banyak mengandung vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan produksi hormon pria dan mengandung potassium yang berfungsi mengatur tiroid wanita. Selain itu alpukat mengandung betakaroten, klorofil dan vitamin E, B kompleks dan asam folat yang membantu kelancaran metabolisme protein sehingga dapat menaikan energi di dalam tubuh.

Konsumsi Madu

Madu merupakan obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Zat yang terkandung di dalamnya sangat mudah untuk dicerna dalam darah sehat. Fitalits tubuh kita menjadi kuat bila sel-sel darah yang ada dalam tubuh kita sehat.

Konsumsi Asparagus 

Asparagus mengandung asam amino asparagines. Zat ini berfungsi untuk merangsang ginjal dan membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Asparagus juga mempunyai zat lain yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi dalam darah dan dapat membantu untuk melepaskan lemak yang berada di dinding pembuluh darah, oleh karena itu dapat meningkatkan kesuburan pria.

Konsumi Tiram Laut 

Tiram laut banyak mengandung Zing atau zat seng yang diperkaya dengan L-carnitine dan L-arginine. Oleh sebab itu tiram dapat meningkatakn kualitas dan produksi sperma, sehinga volume ejekulasi menjadi meningkat.

Konsumsi Serat 

Serat yang banyak terdapat dalam sayuran dan gandum akan baik bagi peningkatan kesuburan anda
.
Konsumsi Kurma 

Bentuk serbuk kurma yang sangat mirip dengan cairan sperma laki-laki dan dipercaya banyak kalangan memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengatasi tingkat kemandulan baik pada laki-laki maupun perempuan. Serbuk kurma ini merupakan salah satu obat alternatif yang sangat aman untuk membantu mengatasi pasangan suami isteri yang belum juga dikaruniai keturunan.

Konsumsi Ginseng
 
Ginseng dapat memperbaiki fungsi hormon metabolesme tubuh. Hormon testoteron juga dapat dibentuk oleh ginseng yang diminum, sehingga dapat digunakan sebagai afrodisiak.

Minumlah Jahe dan Lengkuas 

Sineol merupakan zat yang terkandung di dalam jahe. Zat ini berfungsi sebagai pencegah ejekulasi dini, merangsang ereksi dan melancarkan peredaran darah. Demikian juga denganlengkuas yang memiliki fungsi sama dengan jahe.

Konsumsi  Daging Segar

Daging adalah sumber protein utama. Diperlukan untuk sumber tenaga juga berfugsi untuk pertumbuhan. Hal ini penting untuk dikonsumsi karena akan meningkatkan kemampuan untuk menyuburkan kandungan maupun sperma.  Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi lebih mungkin untuk menderita kemandulan daripada mereka yang kebutuhan zat besinya tercukupi.

Konsumsi Vitamin D
 
Kekurangan vitamin D yang diujicobakan dalam hewan percobaan ternyata dapat menurunkan tingkat kesuburan hingga 75%, dan hal ini jika diaplikasikan terhadap manusi tentulah hasilnya juga tidak akan jauh berbeda. Vitamin D berperan penting dalam metabolisme kalsium di jaringan reproduksi. Sebaiknya konsumsi vitamin D sebanyak 4000 iu perhari. VItamin D ini dapat kita dapatkan melalui sinar matahari pagi, telur, minyak ikan, ikan tuna atau salmon dan susu yang diperkaya vitamin D

Konsumsi makanan yang mengandung banyak Asam Folat
 
Asam folat bermanfaat sebagai makanan penyubur (meningkatkan kesuburan) pada wanita agar cepat hamil sehingga, adapun jenis makanan yang banyak mengandung asam folat inggi bisa didapatkan pada jenis-jenis makanan seperti : kacang polong, brokoli, bayam, kangkung, daun selada, kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, pepaya, pisang, dan stroberi.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin D
 
Manfaat Vitamin D bagi tubuh adalah mengatur sistem metabolisme di dalam jaringan reproduksi wanita. Vitamin bisa didapat pada sinar matahari pada pagi hari. Selain itu Vitamin D juga bisa didapatkan dari jenis makanan yang banyak mengandung vitamin D, salah satunya dari telur (orgaik) seperti telor ayam kampung serta susu yang banyak mengandung vitamin D.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin B6
 
Fungsi Vitamin B6 adalah menyeimbangkan hormon estrogen serta hormon progesteron dalam tubuh wanita. Kekurangan Vitamin B dapat meninbulkan hormon tidak seimbang, hal ini tidak baik bagi anda yang merencanakan program kehamilan. Jenis makanan-makanan yang banyak mengandung Vitamin B6 adalah ikan, sayuran berdaun hijau, beras merah, kacang tanah, dan banyak lagi sumber Vitamin B6 yang termasuk golongan makanan agar cepat hamil.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin C
 
Kegunaan Vitamin C bagi tubuh sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk melepaskan radikal bebas dan menjaga sel-sel di dalam tubuh. Radikal bebas bisa bisa mengganggu kesehatan sistem dan alat reproduksi. Makanan-makanan yang banyak mengandung Vitamin C bisa didapatkan pada buah mangga, jeruk, dan stroberi. Vitamin C juga bisa didapakan pada sayuran seperti tomat, brokoli, dan cabe.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin E
 
Salah satu khasiat dan manfaat Vitamin E untuk kesuburan wanita adalah bagus untuk menjaga kesehatan dinding rahim dan placenta, sehingga jika terjadi kehamilan dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya keguguran. Adapun Jenis makanan yang banyak mengandung (penghasil) Vitamin E antara lain : gandum, padi-padian, kecambah, dan banyak lagi golongan makanan yang termasuk jenis padi-padian sebagai sumber makanan agar cepat hamil.

Konsumsi banyak air putih
 
Peranan dan manfaat air di dalam tubuh sangat besar sekali karena air adalah salah satu komponen penting kedua setelah oksigen. Air diperlukan oleh seluruh fungsi sistem di dalam tubuh, bisa dibayankan jika seorang wanita mengalami kekurangan air (dehidrasi) maka hal ini juga akan berpengaruh pada organ sel telur.

Konsumi Daging ayam

Daging ayam mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh kita salah satunya adalah protein dan zat besi. Protein berguna untuk pertumbuhan sel-sel dan zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah sehingga tidak terjadi anemia. Kedua manfaat tersebut sangat penting bagi perempuan yang sedang berusaha untuk hamil. Besi dan protein sangat penting bagi perempuan sebelum dan selama kehamilan.

Konsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dapat membantu meningkatkan kesuburan, tidak seperti karbohidrat yang ditemukan dalam roti olahan dan nasi putih.

Konsumsi minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung Omega 3, Omega 3 dapat meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur, sehingga itu menjadi penting untuk kesuburan bagi pria dan wanita yang berusaha untuk hamil.

Konsumsi sayuran berdaun hijau

Selain semua antioksidan yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, sayuran ini juga kaya dengan zat besi. Zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah.

Konsumsi susu, keju, yogurt, dan es krim

Kalsium merupakan nutrisi penting bagi perempuan dalam semua tahap kehidupan, termasuk kehamilan. Kalsium untuk mendukung perkembangan tulang bayi, serta untuk menjaga pasokan kalsium tubuhnya sendiri dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Konsumsi telur

Telur kaya akan vitamin dan nutrisi penting seperti protein dan kolin. Asupan kolin sangat dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat.

Gaya Hidup Sehat

Imbangi dengan gaya hidup yang sehat seperti olahraga, istirahat yang cukup dan mengurangi stress

Jangan lupa berdoa

Do'a merupakan penunjang dari usaha anda dalam menambah kesuburan, sehingga keinginan untuk mendapatkan keturuna dengan segera bisa di kabulkan oleh Allah. Aamiin

SEMOGA BERMANFAAT
Related Post
older posts newer posts back home