Daun Salam

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ

Herbal yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum ini, merupakan herbal yang sudah sangat familiar di negeri kita. Daun salam bisa dimanfaatkan untuk tindakan preventif (penjagaan kesehatan) juga bisa digunakan untuk bahan obat. Daun salam, di mana yang sering digunakan untuk obat adalah daunnya. Biasanya, daun yang hendak digunakan untuk obat adalah daun yang dipetik saat pohon itu tumbuh maksimal, tapi belum sampai berbuah. Adapun masa pemetikan, yaitu: pertama, sebelum berbuah; kedua, setelah tumbuh maksimal; kemudian yang ketiga adalah saat setelah tidak terkena air air hujan, jadi jika terkena hujan di pagi hari maka dipetik di sore hari, dan jika terkena hujan di sore hari maka dipetik di pagi hari.
Daun salam dapat dipergunakan untuk berbagai macam pengobatan. Dan para ahli pengobat zaman dahulu,
memanfaatkan daun salam ini berdasarkan karakteristiknya yang wangi aromatik. Dalam kaidah pengobatan, bahwasanya segala sesuatu yang sifatnya beraroma harum dan menyebar, maka dia disebut aromatik, dan hal ini dibenarkan melalui penelitian. Para pengobat klasik zaman dahulu, memberikan pemahaman kepada kita bahwa segala macam bentuk yang sifatnya aromatik itu berkhasiat menyebar, yang artinya bermanfaat untuk mengeluarkan keringat(menyebarkan keringat), memperlancar buang air kecil, kemudian karena menyebar maka dia akan ‘naik’, dan ‘naik’-nya ini tentunya bermanfaat untuk mengatasi gangguan sakit kepala, membuang angin, dan segala macam bentuk penyakit yang masih berada di permukaan, seperti penyakit darah dikarenakan serangan panas dari luar, penyakit lemahnya energi vital dikarenakan serangan panas dari laur, ataupun penyakit cairan yang dikarenakan serangan panas dari luar, maka dapat digunakan daun yang bersifat aromatik ini, yaitu daun salam.

Banyak orang membuang daun salam dalam masakan karena tidak tahu bahwa dibalik aromanya yang khas ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan. Salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain.

Sementara itu, buahnya yang berbentuk bulat kecil berwarna merah bisa digunakan untuk mengobati mabuk akibat alkohol. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin,dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.


Kandungan Daun Salam Yang Bermanfaat
  • Minyak esensial mengandung eugenol dan metil kavikol
  • Ekstrak etanol sebagai anti-jamur serta anti-bakteri
  • Ekstrak metanol sebagai anti-cacing
  • Kandungan kimia daun salam meliputi flavonoida, tannin dan minyak atsiri

Manfaat Daun Salam

Daun salam bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini penyakit yang dapat diobati dengan daun salam ataupun buahnya.
1. Mengobati Diare

Jika Anda atau anggota keluarga mengalami diare, ambil 15 lembar daun salam segar direbus dengan dua gelas air sampai mendidih selama 5-10 menit. Setelah dingin tambahkan sedikit garam kemudian diminum.

2. Mengobati Radang Lambung

Untuk mengatasi radang lambung, ambil 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.


Daun Salam
Gambar Daun Salam
3. Mengatasi Asam Urat Tinggi

Air rebusan daun salam juga dapat mengatasi asam urat yang tinggi, 9 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 600 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

4. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

5. Mengobati Diabetes

Cucilah kurang lebih sepuluh lembar daun salam segar dan rebus dengan kurang lebih empat gelas air yang hanya akan bersisa menjadi sekitar dua gelas saja lalu dinginkan. Setelah rebusan salam hangat rata-rata saringlah rebusan salam tersebut dan minum selagi hangat.

6. Daun Salam untuk Maag
Daun salam dapat menyeimbangkan produksi asam lambung yang berlebihan yang sering menjadi alasan utama dari maag. Cara penyajiannya sama dengan penyajian untuk obat asam urat dan diabetes. Hanya banyaknya daun salam yang digunakan lebih banyak. Bila untuk asam urat dan diabetes membutuhkan sekitar sepuluh lembar, maka untuk kesehatan pencernaan anda membutuhkan sekitar 15 sampai 20 lembar.

7. Mengobati Sakit Maag Akut

Sediakan 15 – 20 lembar daun salam dan cuci hingga bersih, seperti biasa, rebus lah daun itu dengan setengah liter air, dan tunggu sampai 15 menit mendidih. Tambahkan gula dan enau secukupnya ketika mendidih.Setelah itu tunggu hingga agak dingin, dan minum air hasil rebusan tersebut. Minumlah ramuan ini setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang atau maag anda sembuh.

8. Untuk Kesehatan Rambut

Daun salam koja juga diketahui dapat mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Untuk menjaga kesehatan rambut, daun salam koja juga bisa digunakan. Caranya, campurkan daun salam koja dengan minyak rambut dan rebus selama beberapa menit. Gunakan campuran tersebut sebagai hair tonic pada rambut setiap hari.

9. Membantu Melangsingkan Tubuh

Mengunyah beberapa lembar daun salam koja setiap hari juga bisa menurunkan berat badan, lho! Tambahkan juga daun salam koja pada menu diet untuk membantu Anda mengurangi berat badan.

10. Menjaga Kesehatan Mata.
Daun yang beraroma khas ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga selaput lendir pada mata dan juga kesehatan kulit karena kandungan vitamin A yang terdapat didalam daun salam. Jika kita selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin A maka kita akan terhindar dari kanker paru- paru dan rongga mulut.
Daun salam dapat dimakan langsung saat mentah atau dicampur dengan masakan.



11. Mengatasi stroke

 Setelah dingin, saring kemudian minum sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.
10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang, dibuat dalam bentuk masakan sesuai selera anda lalu dimakan.

12. Mabuk akibat alkohol
 

Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbukbsampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum.

13. Penyakit Kulit, Kudis, gatal
 
Ambillah daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit. 


14. Membuat gigi putih bersih

Pasta gigi tradisional yang terbuat dari daun terbukti mampu memutihkan gigi kuning secara alami dan aman. Jemur daun salam dan kulit jeruk sampai kering. Haluskan dengan ditumbuk kemudian campurkan keduanya bersama air. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Gunakan khasiat daun salam sebagai pasta gigi tradisional.
 
15. Membantu menurunkan berat tubuh

Bagi anda yang memiliki masalah berat berlebih, manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan bisa anda coba. Cuci 20 – 30 lembar daun kemudian rebus bersama 4 gelas air. Setelah tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari pagi dan malam masing-masing 1 gelas agar berat badan turun.

16. Menurunkan tekanan darah

Sediakan 7 – 10 lembar daun yang masih segar, rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

17. Sebagai Obat Batuk

2 gelas air + 3 sdm madu + (10-15) daun salam kering + 1 buah lemon. Cara meramunya adalah dengan merebus daun salam tersebut dengan menambahkan madu dan lemon, rebus hingga mendidih dan air mulai menyusut hingga kurang lebih tersisa satu cangkir dan dinginkan. 
Simpan dalam cangkir yang kedap udara lalu simpan dalam lemari es. Minumlah ramuan herbal tersebut 2-3 sendok makan per hari. Obat ini bisa diminum dalam keadaan dingin atau bisa anda hangatkan terlebih dahulu.

Daun salam juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata. Jika tak suka memakannya dalam keadaan mentah, maka makanlah bersama masakan kari.

Ternyata memang banyak manfaat serta khasiat dari daun dan buah salam ini. Jadi tidak perlu sungkan untuk menambahkan daun salam ke dalam masakan anda. Karena selain aromanya menggugah selera juga berkhasiat bagi kesehatan.

Dengarkan dan Download Dialog Kesehatan Herbal tentang Khasiat dan Manfaat Daun Salam oleh Sinse Abu Muhammad di sini 
older posts newer posts back home