Sirsak dan Daun Sirsak

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ

Sirsak adalah tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di beberapa tempat di Indonesia, sirsak juga dikenal dengan sebutan manalika.
Nama – nama ilmiah sirsak yang umum: Graviola, sirsak, Guanabana, guanábano, guanavana, guanaba, corossol épineux, huanaba, toge-banreisi, durian Benggala, nangka Blanda, cachiman épineux. Selain buahnya yang enak, ternyata daun sirsak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat daun sirsak? yuk kita lanjut baca!

Tahukah Anda?
Ternyata daun sirsak 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kehasiatnya dari kemoterapi dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker. Hal tersebut sudah dibuktikan berdasakan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan bahwa kandungan daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik daripada kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker. National Cancer Institute telah melakukan suatu penelitian ilmiah yang hasilnya menyatakan bahwa batang dan daun sirsak efektif untuk
menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena sangat tingginya senyawa proaktif dalam daun sirsak bagi tubuh kita. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang jarang / susah ditemukan pada tumbuhan lain.
Bahkan negara Korea juga telah melakukan penelitian terhadap daun sirsak dan mereka menemukan senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Dalam buah sirsak mengandung senyawa acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Daun sirsak atau Graviola mengandung zat anti kanker yang disebut Annonaceous Acetogenin. Dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat. 
Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan tersebut diatas, akhirnya diketahui berbagai macam khasiat daun sirsak. Ingin tahu apa saja? silahkan simak berbagai macam manfaat daun sirsak bagi kesehatan berikut ini : 
Beberapa Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan :
  1. Mencegah dan Menyembuhkan Kanker payudara, prostat, paru-paru, pankreas, dll
  2. Mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat
  3. Membantu menghambat mutasi gen
  4. Membantu menghambat perkembangan virus
  5. Membantu menghambat perkembangan parasit
  6. Membantu menghambat pertumbuhan tumor
  7. Membantu merileksasi otot
  8. Sebagai obat anti kejang
  9. Membantu meredakan nyeri
  10. Mampu menekan peradangan
  11. Menurunkan kadar gula darah
  12. Menurunkan demam
  13. Menurunkan tekanan darah tinggi
  14. Menguatkan saraf
  15. Membantu menyehatkan jantung
  16. Membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu hamil
  17. Membantu melebarkan pembuluh darah
  18. Membunuh cacing parasait
  19. Mengurangi stres
  20. Menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan
  21. Menghambat pengkriputan kulit
  22. Mengobati Bisulan
  23. Mengobati Infeksi Saluran Kemih
  24. Melindungi wanita terhadap osteoporosis, 
  25. Mengurangi gejala sindrom pramenstruasi dan menopause.
  26. Mempertahankan Fungsi Otot
  27. Meringankan Sembelit 
  28. Membangun tulang yang kuat
  29. Obat Asma dan Sesak Napas
  30. Obat Batuk Ringan
  31. Mengobati Sakit Pinggang
  32. Mengobati Eksim dan Rematik (obat luar)
  33. Untuk mengobati Wasir

Cara Mengobati Penyakit Kanker dengan Daun Sirsak (dll) :
Sediakan 10 lembar daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau tua), kemudian rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu minumlah 2 kali per hari selama 2 minggu atau sampai penyakit anda benar-benar sembuh. Untuk mengetahui apakah ada perkembangan atau tidaknya, silahkan anda lakukan konsultasi dengan dokter.
Cara Mengobati Luka Luar dengan Daun Sirsak (bisulan, bekas jatuh dsb.) :
Sediakan daun sirsak secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus, atau bisa juga diblender. Setelah itu tempelkan pada bagian tubuh/kulit yang terlukan atau bisulan.
Cara Mengobati Wasir
Ambil buah sirsak matang, kemudian ambil airnya dengan cara diperas. Minum dua kali sehari satu cangkir pada pagi dan sore. Atau ambil beberapa helai daun sirsak, rebus, lalu gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut (ingat, hangat, bukan panas ) untuk rendaman daerah pantat (maaf) anda.
Efek dari meminum air rebusan daun sirsak biasanya perut akan terasa hangat/panas, lalu badan berkeringat terus, mirip dengan efek chemoteraphy . Yang anda harus ingat bahwa obat ini adalah obat herbal, jadi efek kesembuhannya tidak cepat, artinya setelah minum rutin selama kurang lebih 3-4 minggu khasiat air rebusan daun sirsak baru terlihat. Saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang menjual obat Graviola atau daun sirsak ini dalam bentuk kapsul, sehingga lebih mudah dan praktis diminum.

Saat ini sudah ada dokter dan para herbalis yang meresepkan daun sirsak untuk mengatasi beberapa penyakit. Tidak hanya di dalam negeri, di Negara lainpun daun dan buah sirsak tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan, tetapi juga dimanfaatkan untuk obat dan pestisida alami.
daun sirsak kering
Manfaat daun sirsak kering sebenarnya tidaklah jauh beda dengan manfaat daun sirsak yang masih segar. Namun daun sirsak kering memiliki beberapa keuntungan diantaranya adalah mudah disimpan, lebih awet dan tahan lama. Untuk menjaga kebersihan daun sirsak kering, Anda dapat mengelapnya satu persatu sehingga pada saat dibutuhkan Anda tinggal mengolahnya saja.
Untuk bisa mendapatkan daun sirsak dengan kwalitas terbaik, Anda dapat memilih daun sirsak yang tidak terlalu tua atau tidak terlalu muda. Untuk menentukan daun sirsak yang dipetik tidak terlalu muda atau terlalu muda maka Anda dapat menggunakan panduan urutan daun sirsak ke 5 dari pucuk, bisa 4,5, atau urutan ke 6. Namun bukan berarti urutan daun sirsak ke 7 tidak berkhasiat, urutan daun ke 7 tetap berkhasiat karena merupakan sama-sama daun sirsak dengan bentuk dan struktur yang sama. Urutan tersebut hanya digunakan untuk memilih daun sirsak yang siap dipetik dan siap diolah saja.

Bagaimana, luar biasa bukan? Bagi anda yang mempunyai anggota keluarga yang menderita penyakit kanker, mungkin terapi daun sirsak ini bisa menjadi solusi. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, sambil melaukan pemeriksaan ke dokter agar anda dapat mengetahui bagaimana perkembangannya. Siapa tahu bisa sembuh tanpa biaya mahal. Meski begitu, sirsak juga memiliki beberapa pantangannya. Ibu hamil disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi sirsak atau daun sirsak.
older posts newer posts back home